Resensi Buku Rasulullah Sang Pedagang

Di koran kedaulatan rakyat pernah di muat Resensi Buku Rasulullah Sang Pedagang. Judul Buku; Cara Dagang ala Rasulullah untuk Para Entrepreneur .Penulis: Najamuddin Muhammad j | Penerbit; Diva Press. Tahun Terbit: Juni, 2002 Tebal: 150 halaman.

Nabi Muhammad SAW menjadi teladan, guru dan inspirasi tak saja bagi umat Islam, tapi seluruh manusia di dunia. Dalam berbagai bidang Rasulullah kerapkali menjadi sumber rujukan manusia. Dari bidang keagamaan, politik, budaya, sosial, kepemimpinan, hingga ranah ekonomi- Rasulullah merupakan referensi yang banyak dirujuk manusia di dunia.

Kehidupan Rasulullah selalu menarik untuk dicermati sebagai sumber inspirasi. Termasuk dalam bidang ekonomi, seperti dipotret dalam buku ini. Cara Rasulullah berdagang dan membangun basis ekonomi dalam sejarah tak i banyak diangkat dibanding kehidupan beliau pada ranah agama dan aspek lain. Artinya strategi Rasulullah berdagang kerap tertutupi oleh popularitas sang nabi akhir zaman pada wilayah lain (baca: kepemimpinan, agama dan lainnya).

Padahal, kehidupan Rasulullah dalam wilayah ekonomi pun tak kalah penting untuk dijadikan pengetahuan dan contoh bagaimana berdagang dengan baik. Bukan saja konseptual berdagang yang dapat dirujuk dan Rasulullah, namun cara dan atau teknik jitu beliau dalam mengatur usaha dagangannya. Kita tahu pada usia yang tergolong muda yakni 25 tahun Rasulullah telah menjadi orang yang kaya raya melalui berdagang. Bahkan, ketika menikah dengan Khadijah maskawin yang diberikan tak main-main besamya, sebanyak 20 ekor unta dan 12 uqriyah (ons) emas.

Mengapa bisa Rasulullah memiliki harta atau kekayaan yang begitu besar dari berdagang bahkan pada umur yang terbilang muda? Apa rahasia sukses Rasulullah dalam membangun pondasi ekonomi dan berdagang ? Bagaimana i Rasulullah berdagang sekaligus membedakan beliau dengan pedagang lain? Berbagai jurus ampuh Rasulullah berdagang dipaparkan secara gamblang j dalam buku setebal 150 halaman ini.

Karya Najamuddin ini memang cukup menarik. Paling tidak karena j beberapa hal. Dari sudut ide, topik yang diangkat sangat cerdas. Dalam arti, penulis mampu menangkap dimensi lain (baca: berdagang) dari Rasulullah. Kehidupan ekonomi dan cara berdagang Rasulullah, seperti telah disebutkan di atas, tak banyak yang mengkaji menjadi referensi historis. Resensi Buku Rasulullah Sang Pedagang di atas, ditulis oleh Achmad Zainuddin, alumnus KPIU IN Suka Yogyakarta.

Tags: , , , , ,