Resensi Buku Tentang Jokowi

Ada sebuah resensi buku tentang jokowi yang dibahas di surat kabar oleh seorang penulis. Sebelum membaca buku tentang jokowi, si penulis mengatakan bahwa terus terang saya hanya mengenal Jokowi dari sisi luar saja. Bahwa beliau berhasil memimpin Solo selama 10 tahun dengan berbagai gebrakan. Setelah membaca dari awai hingga akhir buku ini, saya seolah ikut menyusuri masa-masa perjuangan Jokowi dari yang pahit sampai saat ini. Ia tumbuh sangat sederhana dalam kon-disi keluarga serba pas, berpindah dari satu bantaran kali yang lain.

Ditulis Yon Thayrun, seorang wartawan freelance, buku ini menggambarkan Jokowi dari berbagai sisi, bahkan nyaris tidak ada yang ditutupi. Filosofi hidup, strategi memimpin dan gaya kepemimpinan serta bagaimana membangun jejaring. Catatan masa kecil dengan kondisi yang serba pas hingga kuliah, dari tukang kayu menjadi walikota, Jokowi dan mobil esemka, sampai detik terakhir menuju DK11 dituliskan secara gamblang dan bahasa sederhana dan mampu dipahami oleh semua kalangan pembaca. Penulis menggali kehidupan Jokowi dengan pengamatan selama beberapa hari untuk mendapatkan informasi terkait dengan kehidupan pribadinya. Juga wawancara dengan orang-orang terdekat, ditambah dengan berbagai informasi dari wartawan, masyarakat dan juga catatan-catatan di media sosial yang terbentuk selama ini baik yang pro maupun kontra. Fair!

Walikota yang berjiwa rocker ini termasuk pejabat yang tidak pemah mau menerima gaji bulanan, berkehidupan sangat sederhana dan sering berpikir out of the box, yakni cara berpikir yang berani menerobos liar, juga berbeda dalam memecah suatu permasalahan bahasa musik rock menjadi sebuah fisologi. Baginya mendengarkan musim rock sama dengan membangkitkan motivasi dan sipirit kehidupan.

Musik rock adalah kebebasan. Musik rock itu liriknya iiar. tegas, semangat dan mampu mendobrak pembahan, (him 9). Buku tentang jokowi tersebut akan menginspirasi siapa saja yang membaca, tentang makna kerja keras dan kesederhanaan. Artikel tentang Jokowi tersebut ditulis oleh Lilik Kumiawti Uswah, Pustakawan UGM.

Tags: , , , ,